Kamis, 17 April 2008

PILGUBRI DIYAKINI LEBIH SERU

DUMAI-Mundurnya calon incumbent H.M Rusli Zainal dari jabatannya sebagai Gubernur Riau dan H. Wan Abu Bakar sebagai incumbent wagubri, atau H. Thamsir Rachman dari Bupati Inhu diperkirakan akan membawa angin persaingan menuju kursi Riau 1 semakin seru. Sebab, masing-masing balon tidak bisa lagi menggunakan fasilitas pemerintah untuk proses menarik simpati masyarakat, sehingga calon incumbent akan terlihat apakah dia akan teruji dalam menarik simpati masyarakat tanpa didampingi aparatur pemerintah. Sehingga diyakini juga dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.
"Kalau pejabat incumbent diharuskan mundur, otomatis persaingan antar calon akan semakin seru. Sebab, wibawa, kedudukan dan fasilitas yang mereka gunakan relatif sama dan sebagai calon incumbent harus bersikap fair ketika dia telah menyatakan mengundurkan diri dari kursi jabatannya," kata Lukman Syarif, salah seorang pengamat politik di Kota Dumai, kemarin (9/4). Selain itu, dengan mundurnya calon Incumbent dari jabatannya, otomatis rencana kampanye juga akan berubah. Mulai dari strategi, pendanaan, fasilitas hingga wibawa dan loyalitas masyarakat juga akan berubah.
Kondisi itu, lanjut Lukman, juga akan memberi kesempatan lebih luas bagi calon lainnya untuk bersaing secara terbuka. "Ya jelas calon-calon lain akan lebih semangat. Sebab, mereka akan berkampanye sama-sama sebagai warga sipil. Berbeda dengan calon yang masih aktif menjabat yang memiliki nilai jual lebih tinggi di mata masyarakat. Pertarungan akan terbuka dan fair, dimana tidak ada calon yang lebih istimewa karena dibekali atribut dan fasilitas lebih. Sebab, dengan proses demokrasi seperti itu, pemimpin yang lahir dari proses tersebut merupakan pemimpin yang benar-benar teruji," katanya.(lan)

1 komentar:

FerdyFerdot mengatakan...

..pak, tulisannya bagus-bagus tuh. tapi banyak yang belum kenal sama alamat blog bapak. untuk menambah traffic ke blog ini, silakan bapak melakukan exchange link, seperti yang saya lakukan di web saya di http://www.ferdiansyah.com
dengan demikian pengunjungnya akan lebih banyak. link ke blog ini sudah saya cantumkan ke web saya.