Minggu, 13 Desember 2015

MUI AJAK PARA MUALLAF UNTUK PERKUAT ILMU AGAMA



Bertempat di yayasan Ahmad As syarif, pada hari ahad 12 Desember 2015 MUI Kota Dumai laksanakan pembinaan dan bimbingan untuk para muallaf Kota Dumai. Acara ini adalah pembinaan lanjutan dari kegiatan pembinaan dan bimbingan yang telah dilaksanakan pada minggu sebelumnya. Kegiatan ini bermula dari jam 13.00 – 16.00Wib yang diakhiri dengan sholat asar berjamaah dan penyampaian tausiyah setelah sholat asar. Tampil sebagai pemateri pada kegiaatan pembinaan ini tiga orang  narasumber yang menyampaikan materinya dalam tiga sesi yang berbeda. Lukman Syarif, MA. Yang tampil sebagai pemateri pertama menyampaikan tentang keindahan dan keistimewaan yang dimiliki oleh Islam. Sesungguhnya semua keindahan ini dapat dilihat dengan mudah jika seorang Muslim atau Muslimah mau belajar dengan tekun ikhlas dan selalu melakukan tadabbur atau kontemplasi pada hikmah dari setiap penciptaan dan ketentuan Allah swt. Ilmu dan ketulusan hati adalah kunci kesuksesan dan kebahagiaan dunia akhirat, karena dengan ilmu seseorang bisa membedakan benar dan salah, baik dan buruk serta untung dan rugi. Bakti kepada orangtua adalah amalan yang sangat luar biasa karena  bisa mengangkat derajat seseorang pada tahap yang sangat mulia seperti yang dilakukan oleh Uwais Al Qorni
M. Khairul Ansori, S.Ag, pemateri kedua menyampaikan dalam pemaparannya tentang amal yang paling disukai dan dicintai Allah. Seungguhnya ada tiga hal yang paling disukai Allah swt, berdasarkan hadis rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Tirmizi, bahwa Ibnu Mas’ud bertanya kepada rasulullah SAW tentang amal apakah yang dicintai oleh Allah swt. Rasulullah saw menjawab bahwa amal yang paling disukai Allah adalah ;  sholat pada waktunya, berbakti kepada orangtua dan berjuang di jalan Allah swt. Sholat adalah tiang agama yang menjadi faktor penentu baik buruknya tahap keagamaan seseorang, karena hubungan  vertikal  seseorang sangat menentukan tahap hubungan horizontal kepada sesama manusia. Sholat adalah yang pertama akan dihisab atau dihitung pada hari kiamat. Bakti kepada orangtua adalah jalan tol menuju surga. Sedangkan keluar mencari ilmu adalahjihad fi sabilillah. H. Bukhori pula menyampaikan tentang besarnya pahala yang Allah berikan bagi mereka yang rajin dan suka membaca alqur’an. Siapa yang rajin dan tekun menjaga alqur’an baik dengan membaca, menghafal dan mengamalkannya maka ia akan dijaga oleh alqur’an dalam hidupnya.               
Pada sesi tanya jawab narasumber memberikan soalan kuis kepada para peserta yang berhadiah qur’an. Terlihat para peserta sangat antusias mengikuti acara dengan mencatat materi yang disampaikan oleh narasumber. Para peserta berlomba-lomba untuk dapat menjawab soalan yang diberikan oleh narasumber. Insya Allah kegiatan ini akan kita lanjutkan pada tahun berikutnya agar pembinaan ini dapat berjalan secara berkesinambungan. MUI Kota Dumai menyampaikan terimakasih kepada pihak yang telah memberikan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung, dan semoga Allah membalasnya dengan limpahan rahmat dan kasih sayangnya.

Tidak ada komentar: